E-business mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi(TI), khususnya teknologi jaringan dan komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis. Dalam e-Bisnis terdapat interaksi eksternal organisasi yang meliputi:
- Suppliers
- Costumers
- Investors
- Creditors
- Government/Pemerintah
- Media
Adapun kelebihan dan kekurangan dari e-commerce dan e-business.
Kelebihan
- Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi traditional
- Dapat meningkatkan market expore
- Menurunkan Biaya Operasional
- Melebarkan Jangkauan
- Meningkatkan Costumer Loyality
- Meningkatkan Value Chain (Mata Pencaharian Pendapatan)
- Pencurian Informasi Rahasia yang berharga oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Kehilangan Kesempatan Bisnis karena gangguan pelayanan.
- Kehilangan Kepercayaan dari para Konsumen.
- Penggunaan Akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
- Kerugian yang Tidak Terduga. disebabkan Oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja.
0 Komen:
Post a Comment