Site Meter

Tuesday, February 22, 2011

HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq. Sudah lama sekali semenjak insiden Modem AHA yang eror, saya tidak bisa memposting di blog ini dengan leluasa. Karena, solusi yang saya berikan itu tidak memungkinkan saya untuk membuka sebuah website yang berdomain Blogspot.com. huhuuhu..... Ini membuat saya menjadi kurang bersemangat...

Tapi kali ini bukan saatnya untuk tidak bersemangat. saya harus menyelesaikan tuntutan untuk memposting di blog ini, agar kalian semua tidak kecewa dengan blog 3anakremaja ini.. heheheheh


Oke baiklah, kita langsung menuju ke pokok masalah saja. Kalian pasti sudah bisa menebak bukan, apa yang akan saya tulis di dalam postingan ini??
iya benar, kali ini seperti biasa. tugas dari mata kulian ISD atau sekarang bisa juga dipanggil IBD adalah mengenai masalah yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Kali ini saya ingin membahas mengenai manusia dan juga kebudayaan..



Sebenarnya manusia dan kebudayaan adalah SATU. Telah kita ketahui, bahwa manusia memiliki akal dan juga pikiran yang dapat menciptakan suatu kebudayaan sendiri dan juga dapat melestarikan kebudayaan itu secara turun-menurun. Dan budaya sendiri merupakan suatu karya / kegiatan yang diciptakan oleh manusia itu sendiri karena aktifitas dan tingkah laku mereka sendiri.


Selain itu, kebudayaan pun memiliki peranan yang penting terhadap suatu individu. Kalian mungkin menganggap bahwa kebudayaan itu tidak memiliki maksud apa-apa. padahal kalau kalian maw melihat lebih dalam lagi, ada banyak manfaat dari kebudayaan ini. contohnya adalah :
1.   Suatu hubungan pedoman antarmanusia atau kelompoknya
2.      Wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan kemampuan-kemampuan lain.
3.      Sebagai pembimbing kehidupan dan penghidupan manusia
4.      Pembeda manusia dan binatang
5.      Petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak dan berprilaku didalam pergaulan.
6.      Pengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat dan menentukan sikapnya jika berhubungan dengan orang lain.
7.      Sebagai modal dasar pembangunan.


Sangat banyak bukan??
Tapi saya berbicara panjang lebar seperti ini, apakah kalian itu tahu asal-muasal kata kebudayaan itu??


Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisi Kebudyaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita. Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan.


Semakin hari, kebudayaan yang ada mengalami perubahan. itu ada 5 faktor yang mempengaruhi kebudayaan :

  1. Perubahan lingkungan alam
  2. Perubahan yang disebabkan adanya kontak dengan kelompok lain
  3. Perubahan karena adanya penemuan (discovery)
  4. Perubahan yang terjadi karena suatu masyarakat atau bangsa mengadopsi beberapa elemen kebudayaan material yang telah dikembangkan oleh bangsa lain ditempat lain.
  5. Perubahan yang terjadi karena suatu bangsa memodifikasi cara hidupnya dengan mengadopsisuatu pengetahuan atau kepercayaan baru atau karena perubahan dalam pandangan hidup dan konsepsinya tentang realitas.


Hanya itu yang bisa saya share kepada kalian..
hehehe...

SAMPAI JUMPA DI ARTIKEL SELANJUT'A...

0 Komen:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music