Site Meter

Sunday, March 6, 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq. Sama seperti postingan sebelumnya, kali ini saya ingin mengerjakan tugas ISD atau IBD. hehehe
kali ini, saya ingin membahas mengenai manusia dan penderitaan..

wah, mendengar kata penderitaan Kita semua pasti langsung mengingat-ingat mengenai orang-orang yang kelaparan, orang-orang yang sakit, dan orang-orang yang kesusahan dalam hidupnya.
memang benar, Manusia tidak akan luput dari yang namanya penderitaan. Itu merupakan sebuah kodrat yang tidak bisa kita lepaskan..

Penderitaan bukan hanya dirasakan oleh orang-orang ditingkat bawah. Tapi orang-orang di tingkat ataspun pasti merasakan penderitaan.
Tapi sebelum kita membahas mengenai penderitaan ini lebih lanjut, saya ingin memberi tahu mengenai arti dari sebuah PENDERITAAN itu sendiri...




Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Sebagai manusia, kita tidak akan lepas dari penderitaan. Kita sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT, diberikan kebahagiaan dan juga kesenangan dari-Nya. Tapi, ALLAH SWT juga akan memberikan penderitaan dan juga Kesedihan kepada umatnya. ini semua adalah untuk keseimbangan dunia ini...
Coba kalian bayangkan, jika di dunia ini penuh dengan penderitaan atau penuh dengan kebahagian. Tapi, bila hidup ini penuh dengan Kebahagiaan itu rasanya mustahil. Karena kita tahu, akan ada Setan yang selalu mengganggu kehidupan kita. Jadi akan mustahil jika dunia ini tidak ada penderitaan..

Penderitaan juga diberikan oleh Allah SWT karena ingin menunjukkan bahwa Dia sayang/cinta dengan umatnya.. Kenapa begitu??
Pernahkah kalian berfikir, bahwa orang yang baik pasti selalu saja mendapat halangan dan orang yang jahat, akan jarang sekali mendapat halangan???
Itu semua terjadi karena kepada Orang yang jahat, Allah SWT telah Acuh/masa bodoh kepada mereka. sehingga Allah mendiamkan saja mereka melakukan sesuatu. Mereka hanya tinggal menunggu datangnya Azab dari Allah SWT. ( Na'uzu billahiminzalik )
sedangkan untuk orang yang beriman dan baik kepada Sesama dan juga Allah SWT. Allah SWT selalu memberikan Dia cobaan. itu semua Dia lakukan adalah untuk menaikkan derajat suatu kaum. Karena bagi orang-orang yang beriman, mereka tidak menganggap itu semua sebagai ujian, melainkan sebagai jalan untuk mereka meraih kebahagiaan. 
Allah berfirman di dalam Al-Qur'an surat Al.Insyiqoq:6 (q) dinyatakan "manusia ialah mahluk yang hidupnya penuh perjuangan." Ayat tersebut harus diartikan, bahwa manusia harus bekerja keras untuk dapat melangsungkan hidupnya. Untuk kelangsungan hidup ini manusia harus menghadapi alam (menaklukan alam), menghadapi masyarakat sekelilingnya, dan tidak boleh lupa untuk taqwa terhadap Tuhan. Apabila manusia melalaikan salah satu darinya, atau kurang sungguh-sungguh menghadapinya, maka akibatnya manusia akan menderita. Bila manusia itu sudah berkeluarga, maka penderitaan juga dialami oleh keluarganya.

Jadi kita harus percaya, Setiap musibah / penderitaan pasti ada hikmah dibalik itu semua. Mungkin Allah SWT sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik lagi untuk kita semua dikemudian hari....


SAYA FAJARUDDIN...
SAMPAI JUMPA DI ARTIKEL SELANJUTNYA..

0 Komen:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music