Site Meter

Thursday, October 6, 2011

PENGENALAN INTERNET

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq. Ternyata sudah lama sekali saya tidak posting kedalam blog saya ini. Pada kesempatan ini, saya ingin memberi tahu kepada kalian apa itu yang dinamakan internet. Mendengar itu kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan. Tapi apakah kalian semua tahu apa itu arti sesungguhnya dari internet, dan seperti apa sejarah internet pada masa dulu.. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tulisan saya yang satu ini... Cekidot !!!!

Internet itu berasal dari kata INTERnasional NETworking ( waduh bahasa pulogebangnya keluar lagi .. ^_^ ) Yaitu merupakan hubungan antara 2 buah komputer atau lebih yang membentuk jaringan komputer didunia ( Internasional ) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi..
Internet juga berasal dari kata INTERconnected NETworking ( aduh, keluar lagi bahasanya .. =_= ) yaitu sebuah sistem komunikasi Global yang menghubungkan  komputer - komputer dan jaringan - jaringan komputer diseluruh dunia.
Sekarang kalian semua jadi tahu bukan apa itu pengertian dari internet. Jadi jika ditanya oleh guru kalian mengenai internet, kalian tidak hanya menjawab soal Bermain Facebook, download film dan lain sebagainya.



SEJARAH INTERNET
Internet itu sendiri awalnya dari Departemen Pertahanan Amerika yang membuat sebuah jaringan komputer yang disebut ARPANET. Ini bertujuan agar personil militer dan peneliti sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.
Melalui projek ARPA ( Advance Researce Project Agency ) mereka memperkenalkan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX ( beda unik ya.. ^_^ ) yang dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon.
kemudian pada tahun 1972, keberhasilan seorang bernama Roy Tomlinson dalam melengkapi Program e-mail yang dia ciptakan sendiri. Tidak dipungkiri e-mail menjadi sangat terkenal bahkan sangat popular sampai sekarang. Sehingga pada akhirnya jaringan ARPANET terus dikembangkan sampai ke luar Amerika.


FASILITAS INTERNET
Untuk Fasilitas-Fasilitas dari internet mungkin kalian semua lebih tahu dari pada saya. tapi saya akan menjelaskan mengenai fasilitas dari internet itu sendiri.

  1. WEB
  2. E-mail ( Electronic Mail ) 
  3. Telnet
  4. File Transfer Protocol ( FTP )
  5. GOPHER
  6. Chat Grup
  7. NewsGroup

Itu semua merupakan fasilitas yang umum dari penggunaan internet. Untuk fasilitas-fasilitas lainnya dari internet, saya yakin kalian semua lebih tahu dari saya... ^_^

ISTILAH DALAM INTERNET
Didalam penggunaan internet kalian pasti akan menemui beberapa istilah yang mungkin tanpa sadar kalian lihat. saya akan menjelaskan sedikit mengenai istilah - istilah didalam penggunaan internet
WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.
Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu.
Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu.
Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan penjelajahan internet




Hanya informasi itu yang bisa saya beri kepada kalian .. Semoga bermanfaat... 
Sampai Jumpa di Tulisan Berikutnya.... 

0 Komen:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music