Site Meter

Monday, June 18, 2012

Aplikasi Semantik dengan Jena Framework

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq.. Kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi tambahan mengenai Framework yang digunakan untuk membangun web semantik. Setelah waktu lalu kita mengetahui mengenai CubicWeb, sekarang saya ingin membahas mengenai Jena Framework..

Jena Framework ini merupakan Framework yang sama seperti CubicWeb, hanya saja framework yang satu ini merupakan Framewok yang berbasis open source yang menggunakan bahasa Java..  Ini menyediakan sebuah API untuk mengambil data dan menulis ke grafik RDF. Grafik ini diwakili sebagai "model" abstrak. Sebuah model dapat bersumber dengan data dari file, database, URL atau kombinasi dari semuanya. Sebuah model  juga dapat dilihat melalui SPARQL dan diperbarui melalui SPARUL.



Jena mirip dengan Sesame, meskipun, tidak seperti Sesame, Jena menyediakan dukungan untuk OWL (Web Ontologi Bahasa). Kerangka kerja ini memiliki Seseorang yang intern dan Reasoner Pelet (open source Java OWL-DL Reasoner) dapat diatur untuk bekerja di Jena.

Jena mendukung serialisasi grafik RDF ke:


Untuk masalah penggunaan Jena Framework ini, saya menemukan sebuah artikel bagus dari IBM mengenai bagaimana Jena Framework ini bekerja... Jika kalian ingin lebih jelas lagi, saya mempunyai Video pengenai penjelasannya agar kalian lebih mengerti..




Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Jena_(framework)
http://hellosemanticweb.blogspot.com/2010/11/hello-today-i-will-introduce-jena.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music