Site Meter

Sunday, June 3, 2012

E-Learning Dalam Web Semantik

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq. Tulisan ini saya buat dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari dosen saya. kali ini masih dalam topik yang sama seperti tulisan sebelumnya, yaitu mengenai Web Science atau Web Semantik. Kali ini saya ingin membahas mengenai contoh nyata dalam pengaplikasian web semantik itu sendiri. Kali ini saya ingin mengambil contoh mengenai e-learning yang berbasis web semantik..


E-learning, mendengar nama itu pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan.Electronic learning atau biasa kita dengar dengan e-learning merupakan sebuah sistem belajar mengajar yang baru pada zaman sekarang. saat ini belajar tidak harus melibatkan guru sebagai pengajar kita. e-learning merupakan hal dasar dari kemajuan internet sekarang ini. Perkembangan internet dan e-learning dalam proses belajar dan mengajar seiring dengan berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi telah mengubah cara pembelajaran yang lama.
Secara sederhana pendistribusian content e-learning dengan bentuk dokumen HTML dengan banyak link ke dokumen lain, sehingga konten tersedia dan dapat diakses secara online. Namun dalam memperoleh konten yang sesuai banyak dijumpai permasalahan karena keterbatasan keyword pada konten tersebut.

Dengan teknologi Web Semantik, konten e-learning dapat ditambahkan meta data dan diatur kedalam ontology sehingga memudahkan penyebaran dan penemuan  konten dengan cara lebih baik. Teknologi Web Semantik dapat digunakan untuk membangun sistem e-learning dengan mengumpulkan konten dari sumber berbeda untuk dikelola dan diberikan untuk pengguna dengan menggunakan ontology.

Ada 3 komponen utama dalam penggunaan web semantik:


  • XML(eXtensible Markup Language) Menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.
  •       RDF(Resource Description Framework) Model data untuk objek dan relasi diantaranya, menyediakan semantik yang sederhana untuk model data tersebut. Dapat disajikan dengan sintaks XML
  •       OWL(Ontology Web Language) Menambahkan beberapa kosa kata untuk menjelaskan properties dan classes.


Ontology merupakan penjelasan secara eksplisit dari konsep terhadap representasi dari pengetahuan bedasarkan knowledge base. Dalam ontology terdapat juga ontoedu yang merupakan ontology yang digunakan untuk menggambarkan konsep dari komunikasi dan hubungan antar platform education.



Sumber :

·         http://salmaann.blogspot.com/ 

·         http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/554/478

·         http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music