Jika kita berbicara mengenai Desain dan Permodelan Grafik, yang terlintas di pikiran kita pastinya adalah sebuah gambar, tapi agar kita lebih mengerti arti dari desain dan permodelan grafik itu sebaiknya kita baca dulu pengertian dari itu semua..
Desain adalah visualisasi dari seni dan pengekspresian dari kecerdasan pikiran manusia dapat berupa rupa, bentuk, maupun visualisasi nyata dengan proses yang menghasilkan sesuatu yang lebih berguna.
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Permodelan juga disebut tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek.
Sedangkan Grafik itu sendiri dapat mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih.
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra. visualisasi atau pengekspresian nyata dengan proses baik berupa fisik, visualisasi yang berupa gambar, garis, ataupun bentuk lainnya yang bergabung dan membentuk untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer.
Setelah kita mengetahui arti dari Desain Grafis, sekarang kita akan membahas mengenai Prinsip dan unsur desain grafis. Prinsip-prinsip ini sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop Publishing
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Adobe Indesign
4. Coreldraw
5. GIMP
6. Inkscape
7. Macromedia Freehand
Webdesign
1. Macromedia Dreamweaver
2. Microsoft Frontpage
3. Notepad
Audiovisual
1. Adobe After Effect
2. Adobe Premier
3. Final Cut
4. Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Setelah mengetahui itu semua, kita akan membahas mengenai perbedaan grafis secara umum. Grafis itu dibagi menjadi 2 macam, yaitu vektor dan bitmap.
Grafis vektor adalah: desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction.
Grafis bitmap adalah: desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.
Untuk lebih jelasnya, saya akan memberikan tabel mengenai perbedaan yang jelas antara Vektor dan Bitmap.
Vektor
|
Bitmap
|
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
|
Disusun oleh objek yang disebut pixel
|
Sifatnya resolution independent
|
Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
|
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak
|
Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
|
Ukuran penyimpanan relatif kecil
|
Ukuran penyimpanan relatif besar
|
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
|
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.
|
Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
|
Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
|
|
Sumber :
0 Komen:
Post a Comment