Site Meter

Friday, January 14, 2011

KONEKSI GPRS, EDGE, 3G, HSDPA

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq. Kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai koneksi GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA. kalian semua pasti bingung bukan, apa perbedaan dan juga pengertian dari masing-masing koneksi tersebut. Untuk itu, kali ini saya ingin menerangkan mengenai koneksi tersebut. 

Yang Pertama saya ingin membahas mengenai koneksi GPRS yang pastinya kita semua mengenalnya. GPRS (Global Package Radio Service) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar, dan penelusuran internet. GPRS yang juga disebut teknologi 2.5G merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G sebelumnya. Layanan GPRS tersebut dapat dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Di Indonesia, GPRS diperkenalkan pada tahun 2001 saat penyedia jaringan seperti IM3 mempromosikannya. Idealnya jaringan GPRS memiliki kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, namun kenyataannya, hal tersebut tergantung dari faktor-faktor seperti konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS, software yang digunakan, dan dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan. 





Setelah itu ada koneksi EDGE. Koneksi ini mungkin kalian pernah mendengarnya, tapi kalian msh bingung bukan apa itu koneksi EDGE.. EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution) merupakan kelalnjutan evolusi dari GSM dan IS-136 dengan tujuan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efisiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas. Jaringan EDGE juga disebut sebagai teknologi 2.75G diperkenalkan pertama kali oleh Cingular (sekarang AT&T) di Amerika Serikat pada tahun 2003. Jaringan EDGE pada idealnya memiliki kecepatan mencapai 236 kbps.
Sebenarnya jaringan GPRS dan EDGE itu hampirlah sama. karena kedua koneksi ini sama-sama memungkinkan user untuk mengakses internet menggunakan ponsel GSM. Tapi perbedaandari kedua koneksi ini sangatlah jelas, yaitu terletak pada kecepatan access datanya, untuk EDGE memiliki kecepatan yang lebih tinggi di bandingkan GPRS, yaitu memiliki kecepatan sekitar 126-473,8 kbps, sedangkan untuk GPRS memiliki kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 114 kbps. EDGE dan GPRS merupakan suatu layanan komunikasi tanpa kabel berbasis paket, dan muncul melalui sinyal dari jaringan provider. EDGE dapat digunakan dalam kondisi apa saja asalkan berada dalam sinyal EDGE tersebut. Untuk kondisi kapan anda dapat menggunakan EDGE maupun GPRS tidak dapat di ketahui dan tidak dapat diatur, tergantung dari jaringan.


Setelah itu ada koneksi yang saat ini sedang ngetrend di kalangan dunia yaitu, Teknologi 3G . Teknologi 3G (Third-Generation Technology) merupakan teknologi evolusi dari generasi sebelumnya yang memiliki kapasitas pengiriman dan penerimaan dari lebih besar dan lebih cepat. Oleh karena itulah, teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan video call. Teknologi 3G sering juga disebut dengan mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang bersifat portable. Perkembangan 3G secara komersial dimulai pada tahun 2001 di Jepang oleh NTTDoCoMo yang kemudian disusul oleh Korea Selatan pada tahun 2002. Idealnya teknologi ini memiliki kecepatan transfer data pada level minimum 2Mbps pada pengguna yang berada pada posisi diam ataupun berjalan kaki, dan 384 kbps pada pengguna yang berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan.
Saat ini mulai muncul Teknologi 3,5G dan 4G. untuk Teknologi tersebut, saya belum memiliki informasi yang cukup banyak karena saya sendiri belum menggunakan Teknologi tersebut karena faktor biaya yang sangat mahal. Tapi setahu saya, sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 


Kemudian yang terakhir adalah Koneksi HSDPA.HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) merupakan teknologi yang disempurnakan dari teknologi sebelumnya yang juga dapat disebut 3.5G, 3G+ atau Turbo 3G yang memungkinkan jaringan berbasis Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) memiliki kecepatan dan kapasitas transfer data yang lebih tinggi. Penggunaan HSDPA saat ini menyokong kecepatan penelusuran dari 1.8, 3.6, 7.2 hingga 14 Mpbs. Oleh karena itulah jaringan HSDPA ini sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai Modem Internet pada computer ataupun notebook. Pemasaran HSDPA dalam bentuk modem yang digunakan sebagai koneksi mobile broadband baru diperkenalkan pada tahun 2007. Pada Agustus tahun 2009, 250 jaringan HSDPA secara komersial telah meluncurkan layanan mobile broadband di 109 negara.


Hanya itu informasi yang bisa saya berikan. Bila ada kekurangan atau kesalahan, mohon kalian beritahu saya letak kesalahan/kekurangannya itu. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian semua...
SAMPAI JUMPA.....

0 Komen:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music