Site Meter

Wednesday, December 8, 2010

10 CARA AMPUH MENGHEMAT BATERAI LAPTOP AGAR TAHAN LAMA

Hai para T-readers, jumpa lagi bersama saya Fajaruddin Shiddiq, satu-satunya orang yang selalu setia memberi postingan menarik kepada anda semuanya. saya minta maaf, karena sudah lama tidak memposting tulisan kedalam blog ini. biasalah, ini semua karena saya sedang melaksanakan UTS di kampus saya tercinta GUNADARMA. Oke, kita langsung saja kembali kedalam topiknya.
kali ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai laptop yang kakak saya punya ini. Dia mengeluhkan, bahwa baterainya cepat sekali habis. setelah saya teliti lebih lanjut, saya menemukan cara agar baterai di laptop kakak saya itu bisa tahan lama. informasi ini saya dapat juga dari blog abang saya, yaitu blog Satu Hati. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung kalian lihat, di TEKAPE....


1. Jangan Pasang Perangkat Eksternal Yang Tidak Diperlukan
perangkat eksternal ini contoh adalah pemakaian dari USB Port. USB eksternal ini adalah pemakan terbesar dari daya baterai anda. jadi, ada baiknya bila kalian semua melepas perangkat eksternal ini, seperti mematikan Wi-Fi, Bluetooth, mouse, speaker eksternal dan lain sebagainya.

2. Jangan Meninggalkan DVD atau CD Di Dalam CD ROM.
kalian juga jangan meninggalkan CD/DVD drive di dalam laptop kalian bila sudah tidak di perlukan. sebuah disk akan terus berputar di dalam drive, dan ini dapat menyebabkan daya baterai akan cepat habis.

3. Periksa Resolusi Layar Anda.
resolusi ini juga ambil bagian dalam masalah penggunaan baterai. ada baiknya kalian menggunakan resolusi yang tidak terlalu terang. Ini dapat membuat Laptop akan menjadi tahan lebih lama. cara untuk menyesuaikannya adalah dengan menggunakan tombol fungsi atau pergi ke menu controlpanel di laptop kalian.

4. Periksa Tingkat Suara.
Cobalah kalian untuk mematikan speaker di laptop kalian dan juga menghindari pemakaian software multimedia seperti Windows Media Player.

5. Hindari Penggunaan Screen Saver.
Untuk mengoptimalkan kinerja baterai agar lebih tahan lama, saya sarankan untuk menonaktifkan fitur Screen Saver kalian.

6. Gunakanlah Hibernate Mode.
Saya yakin, di antara kalian pasti sering menggunakan mode Stand By bukan untuk meninggalkan sementara laptop kalian. Mode Stand By ini sebenarnya memakan daya baterai. walaupun daya yang di pakai tidak terlalu besar, tapi akan berpengaruh untuk mengurangi daya baterai laptop anda. Saya sarankan untuk menggunakan mode Hibernate. mode ini sama seperti Stand By, hanya saja laptop kita ini akan berada dalam keadaan mati atau seperti Shut Down. sehingga akan menghemat penggunaan baterai.

7. Kebersihan Terhadap Laptop anda.
sebuah laptop yang berdebu dan kotor umumnya menghasilkan ventilasi udara yang lebih panas yang sebenarnya mengurangi masa pakai baterai. Kalian harus membersihkan ventilasi udara dari waktu ke waktu. ini akan membantu anda untuk tetap beroperasi pada temperatur yang rendah.

8. Faktor Suhu.
Panas yang berlebihan akan secara perlaha-lahan menghabiskan daya baterai laptop kita. Juga hindari pemakaian laptop di bawah sinar matahari langsung, juga di dalam mobil tertutup.

9. Perawatan Adapter.
Pastikan bahwa adapter pengisian baterai laptop anda adalah asli atau ORIGINAL. karena sebuah adapter yang tidak standar, akan menyebabkan baterai Overload, sehingga baterai akan menjadi cepat rusak.

10. Sesuaikan Penggunaan.
Jika kalian berencana untuk tidak menggunakan laptop selama beberapa hari, pastikan sebelum meninggalkannya baterai kalian harus terisi miniman 40 % . Setelah itu kalian bisa melepaskan baterai itu, dan menyimpannya di tempat teduh dan kering..

Hanya itu yang bisa saya berikan kepada kalian.. 
Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian semua..

SAMPAI JUMPA DI ARTIKEL SELANJUTNYA....

1 Komen:

arifds said...

mantaff,,,thx ya tipsnya,,sangat berguna...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music